Tujuan mempelajari Sistem Operasi

Tujuan mempelajari sistem komputer
Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung antara User (pengguna) dengan hardware atau perangkat keras komputer. Memang tak bisa dipungkiri bahwa sistem operasi saat ini merupakan bagian paling penting dalam penggunaan dan pengoperasian suatu komputer. Padahal dahulunya komputer hanya digunakan sebagai mesin hitung sebelum bisa berkembang pesat seperti sekarang ini.

Tujuan mempelajari Sistem komputer adalah :

1. Mengetahui kelemahan dan kelebihan dari suatu sistem operasi.
2. Mampu mencari alternatif untuk mengurangi kelemahan dari suatu sistem operasi.
3. Membuat terobosan baru untuk meningkatkan perkembangan dari sistem operasi sekarang ini.
4. Memahami pengguna sistem operasi dan gunanya untuk manusia.
5. Mampu mengelola dan memodifikasi suatu sistem operasi.

Tujuan mempelajari sistem operasi sebenarnya banyak sekali tetapi menurut saya hanya itulah sebagian besar yang menjadi tujuan utama mempelajari sistem operasi saat ini.

Memang tidak semua sistem operasi dapat dimodifikasi, tetapi dengan banyaknya sistem operasi open source saat ini seperti Linux dan yang lainnya maka dapat membantu para pengguna komputer untuk memodifikasi sistem operasi sesuai yang diinginkan.
Kemampuan memodifikasi sistem operasi memang sangat mudah untuk dipelajari , yang perlu diingat hanyalah ketelitian dan kecermatan dalam memahami isi dari suatu program.

Setelah memodifikasi dan mempelajari sistem operasi tentunya dapat meningkatkan penggunaan dan efisiensi kita dalam menggunakan komputer serta dapat memudahkan dalam pemakaiannya.
Memodifikasi suatu sistem operasi haruslah disusun sedemikian rupa agar lebih efektif dalam pengujian sehingga tidak mengganggu layanan yang ada.

Berikut ini merupakan kelebihan memodifikasi sistem operasi :

1. Dapat membuat suatu program.

2. Mengeksekusi program sesuai yang diinstruksikan.

3. Akses ke perangkat Input dan Output uang tidak terbatas.

4. Mengontrol akses suatu berkas.

5. Mengatasi error pada perangkat.

6. Memonitor kinerja komputer dengan leluasa.

Dengan kelebihan itulah maka tujuan mempelajari sistem operasi dapat berguna untuk mengatasi keseluruhan perkembangan dimasa yang akan datang. Maka tidak ada salahnya kita untuk mempelajari sistem operasi.

Baca juga :

1 komentar:


EmoticonEmoticon